Puncak Menara Katedral Notre Dame Runtuh, Warga Menangis Berpelukan



Narizza Septianti baru saja melintasi jalan tepat di depan Katedral Notre Dam di Paris jam 6 sore waktu setempat, jalanan macet total karena jam sibuk di mana warga bergegas pulang ke rumah. Tidak ada indikasi akan terjadi sesuatu pada gereja yang dibangun tahun 1163 itu.

“Turis memang membludak di depan Notre Dame dan jalanan memang macet banget tadi. Tapi gak keliatan asap atau apapun… Baru jam 6.50 asap mulai terdeteksi dan area itu ditutup,” ujar Narizza kepada VOA melalui telepon.

Api dengan cepat melalap Katedral Notre Dame di Paris, Senin (15/4).

Api dengan cepat melalap Katedral Notre Dame di Paris, Senin (15/4).

Api dengan cepat melalap bangunan tua yang umumnya terbuat dari kayu itu. Tim petugas pemadam kebakaran dan aparat keamanan langsung menutup lokasi, dan meminta semua orang menjauhi kawasan gereja yang dinilai sebagai salah contoh terbaik arsitektur Perancis itu.

Upaya petuga pemadam kebakaran menyelamatkan menara Katedral Notre Dame dari kobaran api mengalami kegagalan.

Upaya petuga pemadam kebakaran menyelamatkan menara Katedral Notre Dame dari kobaran api mengalami kegagalan.

Katedral Notre Dame dikenal sebagai karya seni yang tak ternilai, yang diabadikan dalam banyak karya literatur, musik dan film, termasuk novel Victor Hugo tahun 1831 ‘’The Hunchback of Notre Dame.’’

“Bagian yang kebakaran itu terutama menara gereja yang sedang menjalani renovasi. Tidak tahu apa penyebabnya. Kami warga lokal menangis melihat api menghanguskan Notre Dame, apalagi ketika puncak menara runtuh. Sebagian warga menangis berpelukan ketika melihat tower setinggi 130 meter itu runtuh disertai bunyi ‘kraaaaak’ dan suara api. Sedih sekali,” ujar Narizza, warga Indonesia yang sudah sembilan tahun bermukim di Paris. Ditambahkannya, kebakaran berlangsung sangat cepat. “Mungkin karena ini semua terbuat dari kayu. Apalagi petugas pemadam katanya sulit mencapai ke atas.”

Juru bicara Katedral Notre Dame Andre Finot mengatakan kepada media “semua terbakar, tidak ada yang tersisa dari rangka menara gereja itu.”

Belum Diketahui Penyebab Kebakaran

Hingga laporan ini disampaikan belum diketahui penyebab kebakaran itu, tetapi media-media di Perancis mengutip pernyataan beberapa petugas pemadam kebakaran yang mengatakan, tampaknya musibah ini terkait dengan proyek renovasi bernilai enam juta euro atau sekitar 6,8 juta dolar Amerika yang sedang dilakukan. Sekitar 400 petugas pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan api hingga jauh malam.

“Yang sangat menyedihkan kebakaran ini terjadi kurang dari satu minggu sebelum Paskah, di tengah Pekan Suci. Apalagi ini tempat bersejarah, salah satu gereja tertua di Paris, tempat melting pot warga lokal dan turis,” ujar Narizza yang bekerja di bidang audio-visual.

Api dan asap masih menyelimuti Katedral Notre Dame. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Api dan asap masih menyelimuti Katedral Notre Dame. Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti.

Tangguhkan Pidato soal “Rompi Kuning”, Macron Langsung ke Lokasi Kebakaran

Presiden Perancis Emmanuel Macron menangguhkan pidato penting menanggapi demonstrasi “rompi kuning” yang sedianya disampaikan kepada publik Senin malam. Ia langsung menuju ke lokasi kebakaran Katedral Notre Dame dan ikut rapat bersama otorita terkait di markas polisi yang terletak di dekat lokasi itu. Associated Press melaporkan Macron menilai musibah ini sebagai darurat nasional.

“Saya ingin menyampaikan kepada Anda semua dengan sungguh-sungguh malam ini. Katedral ini akan kita bangun kembali.Ini adalah bagian dari takdir kita di Perancis, ini akan menjadi proyek kita selama bertahun-tahun ke depan,” ujar Macron menyemangati warga.

Warga yang bersedih berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan di luar Katedral Notre Dame di Paris, Senin (15/4).

Warga yang bersedih berdoa dan menyanyikan lagu-lagu keagamaan di luar Katedral Notre Dame di Paris, Senin (15/4).

Dunia Ikut Berduka

Sejumlah pemimpin dunia ikut menunjukkan kesedihan dan menyampaikan simpati. Vatikan mengatakan “Tahta Suci Vatikan melihat dengan kaget dan sedih berita tentang kebakaran mengerikan yang telah menghancurkan Katedral Notre Dame, simbol agama Kristen di Perancis dan dunia.” Ditambahkan, “Vatikan mendoakan petugas pemadam kebakaran dan mereka-mereka yang sedang melakukan segala hal untuk mengatasi situasi sulit ini.”

Katedral Notre Dame sebelum terbakar, sebenarnya sedang dalam tahap renovasi, diambil dari tepi Sungai Seine di Paris (foto: dok).

Katedral Notre Dame sebelum terbakar, sebenarnya sedang dalam tahap renovasi, diambil dari tepi Sungai Seine di Paris (foto: dok).

Presiden Donald Trump mencuit di Twitter, “begitu mengerikan melihat kebakaran hebat di Katedral Notre Dame di Paris” dan menyarankan para petugas pemadam kebakaran untuk menggunakan “flying water tankers” untuk memadamkan api.

Sementara mantan presiden Barack Obama mengatakan “Notre Dame adalah salah satu harta karun terbesar di dunia, dan kami bersimpati dengan warga Perancis di saat sedih ini.’’ (em)



Source link


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Urang Awak

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format