Line dan Whatsapp Diharapkan Punya Program Verfikasi Hoaks




Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomifo) mengharapkan aplikasi Whatsapp dan Line memiliki program yang dapat memverifikasi berita bohong atau hoaks untuk mencegah penyebaran berita bohong.

Direktur  Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel A. Pangrepan mengatakan saat ini aplikasi Whatsapp dan Line belum menerapkan Chatbot Antihoaks karena  kebijakan perusahaan masing-masing.

Chabot Antihoaks hingga sekarang baru ada di aplikasi Telegram. Chatbot Antihoaks adalah piranti lunak berupa program untuk menjawab semua pertanyaan masyarakat terkait berita hoaks atau informasi yang diragukan kebenarannya oleh masyarakat.

Untuk penerapan secara teknis program tersebut masih dibahas dengan pihak Whatsapp dan Line. Dia semua aplikasi memiliki program serupa yang dapat memverifikasi hoaks.   

“Sedang dibicarakan bagaimana mekanismenya. Harapanya dua minggu terwujdukan [di Whatsapp dan LINE]  ini maslh teknis saja,” kata Semuel saat acara peluncuran Chatbot Antihoaks di Jakarta, Jumat (12/3/2019). 

Semuel menuturkan saat ini pengguna internet di Indonesia masih membutuhkan edukasi. Para pengguna internet, sambungnya, kerap memanfaatkan informasi yang mereka dapat dari aplikasi percakapan tanpa dicerna lebih dahulu.  

“Ada orang yang tidak punya kesadaran yang tinggi [tentang internet], kami justru memberi tahu bagi yang belum paham bagaimana internet bekerja, di program Chatbot Antihoaks untuk memverifikasi,” kata Semuel.  

Chatbot Antihoaks saat ini hanya berada di aplikasi Telegram. Untuk memanfaatkan program ini, pengguna hanya perlu mencari alamat @chatbotantihoaks di Telegram dan memasukan link atau teks yang masih diragukan kebenaran informasinya.

Program tersebut akan memanfaatkan AI untuk mendekteksi artikel, berita atau tulisan untuk kemudian memberikan kepastian apakah informasi tersebut benar atau hoaks yang disertai dengan link hoaks serupa. Adapun jika hoaks tersebut baru tersebar, program akan menampung data lebih dahulu.

Kementerian Komunikasi dan Informati (Kemenkomifo) menyediakan layanan chat bot yang bernama Chatbot Antihoaks dalam rangka memerangi hoaks yang beredar. Kemenkominfo bekerja sama dengan start up, PT Prosa Solusi Cerdas dalam membangun Chatbot Antihoaks

 





Source link


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Urang Awak

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format